Thursday, April 26, 2012

Marketing Dasar Untuk Wedding Organizer

Berikut merupakan dasar-dasar Marketing yang akan diimplementasikan untuk pengelolaan Marketing sebuah Wedding Organizer khususnya di wilayah Indonesia. Layaknya marketing tingkat dasar maka yang akan kita bahas adalah 4P dan analisa TOWS.

4P (Product, Price, Place, Promotion)

 



 Product
Dari segi product kita harus benar-benar mengerti tentang produk apa yang kita tawarkan sebagai seorang WO. Tentunya produk tersebut berupa jasa dan jasa akan diukur dalam tingkat kepuasan konsumen. Pertanyaan-pertanyaan berikut yang harus kita jawab bersangkutan dengan produk jasa kita adalah:
  1. Ada berapa macam produk jasa yang kita tawarkan?
  2. Apakah masing-masing produk jasa telah dengan matang kita konsepkan yang sesuai dengan kemauan pasar/ client?
  3. Apakah produk jasa yang kita miliki sudah memenuhi semua keinginan client?
  4. Bersangkutan dengan jasa, maka apakah kita telah menemukan orang yang cocok dalam menangani masing-masing produk jasa yang kita tawarkan?
Apabila pertanyaan tersebut telah dijawab dengan jawaban positif maka dipastikan anda sudah cukup siap untuk bersaing di pasar. 


Price
Harga merupakan faktor penentu yang sangat dominan di pasar, terutama yang berhubungan dengan jasa. Pembandingnya tentu saja adalah "Harga yang saya bayar sesuai dengan service yang saya terima" dan masalahnya adalah kita menetapkan harga diawal sedangkan client dapat merasakan kepuasannya setelah menerima service.

Menentukan harga produk jasa dapat dilakukan dengan cara:
  • Competitive Price: Penentuan harga berdasarkan komparasi dengan harga kompetitor ataupun harga produk jasa yang sama dipasaran. Kelebihan dari competitive price adalah client akan merasa bahwa harga yang anda berikan beralasan (reasonable) karena apabila mereka melakukan riset sebelum menanyakan harga mereka mendapati bahwa harga yang anda tawarkan sesuai dengan yang ada dipasar. Kelemahannya adalah bahwa anda akan kesulitan apabila ada permintaan tambahan dari pihak client tanpa kompromi harga tambahan dan cost per production sudah di titik maksimal.
  • Fixed Price: Harga tetap dengan jaminan kwalitas service luar biasa. Sangat efektif untuk pangsa pasar kelas menengah ke atas yang mengutamakan pride / gengsi dari sebuah acara pernikahan. Namun perlu diperhatikan bahwa anda telah menjanjikan service yang lebih dari biasanya. Walaupun anda masih punya dana untuk permintaan tambahan namun tetap kunci utamanya adalah excellent service.
  • Costume Price (sama sekali bukan marketing namun anda dapat mempertimbangkannya) adalah harga produk jasa anda disesuaikan dengan kantong client. Sangat cocok bagi kalangan inner circle untuk melakukan ajang promosi namun pastinya anda akan terkendala di profit bahkan cost per production. Perlu diperhatikan bahwa Costume Price dapat mempengaruhi image WO anda dikemudian hari.
Place
Ketika seorang client telah melihat produk jasa anda dan tertarik dengan harga yang anda berikan, maka pertanyaannya kemudian adalah dimanakah client bisa menemukan anda? Anda butuh sebuah tempat yang representative bagi kelangsungan bisnis ini. Walaupun anda melakukan online marketing dan menghampiri client secara langsung, namun tetap sebuah tempat headquarter atau office merupakan representasi keseriusan bisnis anda di mata client.

Secara marketing pastinya disarankan mencari sebuah kantor di tempat-tempat yang strategis namun untuk awal anda bisa memulainya dari mana saja selama anda memiliki sebuah kantor. Tata ruang kantor merupakan salah satu investasi tersendiri dalam menggali ketertarikan client untuk menggunakan jasa kita. Karena bagi beberapa client kantor anda akan mencitrakan WO anda, maka buatlah kantor senyaman mungkin.
Seiring dengan perkembangan bisnis WO anda akan memerlukan perpanjangan tangan untuk kemudahan proses ekspansi bisnis. Umumnya dikenal dengan Channel ataupun Branch Office. Yang perlu dipertimbangkan adalah beberapa hal berikut:
  • Apakah channel atau branch office akan ditangani oleh anda sendiri atau mempercayakan orang yang professional dibidangnya? 
  • Apakah channel atau branch office anda telah sama bagusnya dengan headquarter?
Promotion
Pada umumnya Promotion merupakan extra cost untuk memasarkan produk jasa yang anda tawarkan, oleh karena itu anda harus jeli memilih media. Beberapa hal yang akan dibahas adalah:
  • Promotion cost, untuk menentukan besaran promotion cost dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan berikut: 
    • Berapakah dana promosi anda? 
    •  Apakah anda akan menyisihkan dana tersebut di depan (total modal awal investasi) atau secara berkala (monthly atau after project saving)? 
  •  Promotion Media, bersangkutan dengan cost yang anda keluarkan maka anda dapat menentukan media promosi apa yang akan anda pakai. Beberapa media promosi:
    • Audio Visual seperti Iklan TV dan Live Billboard kurang cocok untuk mempromosikan sebuah WO karena budgetnya sangat besar. Radio masih dapat dipertimbangkan. Carilah acara radio yang sesuai segment client kita. Cukup 1 atau 2 spot peracara. 
    • Media Cetak seperti Print Ad, Billboard juga luar biasa besar promotion costnya sedangkan Poster dan Flyer kurang bermanfaat. Yang dapat anda pertimbangkan adalah X-Banner ataupun Rolling Banner tergantung penempatan anda sesuai dengan pasar yang anda cari. 
    • Media Online merupakan media yang paling gencar dimanfaatkan sejumlah WO di Indonesia. Namun anda harus memperhatikan cost, desain, dan netiquette (apabila promosi di forum komunitas). Pastikan anda memiliki portfolio yang banyak apabila mencoba membuat website. Manfaatkan juga Facebook dan Twitter apakah itu Facebook – Twitter pribadi ataupun corporate WO. Pastikan dikelola dengan baik, anda harus meluangkan waktu rutin untuk melihat perkembangan dunia online sehingga dapat memanfaatkan akses ke media online yang sedang booming di internet.

Best promotion is Word of Mouth; cheap and very effective. Namun juga merupakan yang paling sulit, karena media ini tidak dapat dibeli. Word of Mouth didapat karena image anda di mata client sangat baik sehingga mereka akan membicarakan anda apabila ada topik tentang WO. Untuk itu adalah sangat penting untuk meminta kritik, saran ataupun pujian yang tulus dari client karena itu merupakan media untuk evaluasi yang sangat efektif dan tentunya membina hubungan dengan client anda walaupun hubungan bisnis telah berakhir.    

Ada sebuah P lagi yang tidak termasuk 4P namun penting untuk dibahas, yaitu Person. Dalam mengelola sebuah bisnis dan dengan keinginan menjadikan bisnis tersebut besar, anda dituntut jeli dalam membangun Winning Team. Dan winning team akan berisi beberapa orang dengan keahlian berbeda dan watak yang berbeda. Beberapa pertanyaan berikut dapat memudahkan anda untuk menggali kebutuhan personil WO anda:
  1. Berapa banyak bidang pekerjaan yang akan ditangani oleh WO dan apakah masing-masing bidang pekerjaan telah ditangani oleh professional? 
  2. Jika beberapa bidang pekerjaan ditangani oleh satu orang yang sama, apakah efisiensi pekerjaannya maksimal dan apakah hasilnya sudah sesuai dengan harapan client? Jika tidak anda perlu segera menemukan orang tambahan dibidang tersebut. 
  3. Jika anda tidak memiliki seorang yang professional pada bidang tertentu apakah orang tersebut potensial? 
  4. Jika orang tersebut potensial apakah ada program pembinaan yang menjadikan satu tingkat lebih maju secara skill dibidang yang ditanganinya? 
  5. Dan yang pasti adalah apakah anda telah membayar anggota anda secara benar?
Berikut beberapa tips untuk menjadi leader:
  1. Tegas itu bukan keras ataupun kasar. Tegas adalah mengembalikan situasi pada komitmen awal. 
  2. Memberikan pilihan atas setiap masalah internal akan membuat anda tidak menjadi otoriter. 
  3. Demokratis dan otoriter tergantung kebutuhan. Ada kalanya kita minta saran dan masukan dari tim, ada kalanya kita memutuskan sendiri. 
  4. Pisahkan masalah pribadi dengan masalah perusahaan sehingga kita bisa menuntut hal yang sama terhadap bawahan.
Kita akan lanjutkan Analisa 4C di chapter berikutnya.

No comments: